Pastikan hal hal ini sebelum anda memulai budidaya ikan komersial

Posted by ternake Sabtu, 08 Agustus 2015 0 komentar
Memanen Ikan


Memulai berpikir tentang bisnis anda sendiri ? dengan potentsi pasar yang tersedia sepanjang tahun

Sekarang adalah waktu yang tepat bagi anda untuk mulai memasuki industri akuakultur (budidaya perairan), sepertinya budidaya ikan adalah bisnis yang menguntukan, ikan memiliki nilai yang cukup tinggi dipasar dan permintaan primer yang tidak pernah berhenti, tentu perluang di masa depan begitu sangat menjanjikan.

Baiklah sebelum anda memulai bisnis budidaya ikan ada baiknya pertimbangkan langkah langkah dan putuskan apakah budidaya ikan adalah bisnis terbaik untuk anda

Berkut adalah 5 hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum memulai bisnis budidaya ikan anda sendiri

1. APAKAH ANDA MEMILIKI LOKASI COCOK? 

Pertama, anda perlu mempertimbangkan lokasi anda, sangatlah penting untuk menentukan apakah anda berada di daerah yang cocok untuk budidaya perikanan, pastikan anda menentukan lokasi yang menjadi pertimbangan, selain mentukan lokasi budidaya tentunya anda harus memiliki  ruangan kantor untuk mengontrol seluruk kegiatan anda, pikirkan apakah juga anda membutuhkan staf yang membantu untuk mengerjakan hal hal seperti perawatan, pembenihan atau lainnya.

Jika anda merasa bahwa lokasi dimana anda tinggal cocok atau anda telah mendapatkan lahan kosong untuk memulai bisnis anda, berarti anda sudah memenuhi kriteria pertama dari daftar ini.

2. PASTIKAN ANDA MEMILIKI PENGETAHUAN YANG CUKUP

Setelah menemukan lokasi yang cocok untuk bisnis budidaya, anda perlu menimba pengetahuan sebanyak banyaknya tentang budidya ikan yang akan anda geluti, ya.. sebuah keharusan ketika anda telah terjun dan benar benar menginvestasikan uang anda dalam bisnis ini.

Untuk belajar tentang budidaya ikan anda dapat mengunjungi langsung beberapa pembudidaya lokal di daerah anda tambah pengetahuan anda dengan membaca buku atau mencari informasi terkait melalui sumber online ada banyak sekali situs yang menyediakan informasi yang sangat bermanfaat bagi para pemula.

Tentunya anda juga akan menemukan sumber sumber bermanfaat pada artike dan situs ini.

3. APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN RENCANA BISNIS?

Sebelum memulai bisnis apapun, sebaiknya anda harus memiliki garis besar strategi bisnis itu sendiri, rencana bisni anda harus berisi semua informasi yang diperlukan tentang struktur perushaan, pengeluaran, investasi yang anda harapkan dan prolehan keuntungan dari hasil investasi anda dari jangka waktu tertentu.

Tentukan apa saja yang anda butuhkan, berapa banyak pekerja, apa peralatan dan perlengkapan, adakah biaya tambahan, hitung dana dan aset anda, jika anda telah memasuki tahap komersialisasi tentu bisni tersebut harus memiliki badan hukum, dan daftarkan perusahaan anda sebagai kepemilikan, ini juga akan membantu untuk menarik mitra atau calon investor serta mengajukan pinjaman dibank atau hibah pemerintah, anda perlu membuat renca yang solid yang harus memiliki standar operational dan mematuhi standar terbut

Ini mungin ide yang baik untuk berkonsultasi dengan konsultan bisnis ataupun pengacara setempat untuk membantu anda memahami dan mempermudah perizinan, para ahli ini akan membuat peryaratan lebih muda dalam membentuk sebuah badan usaha dan mematuhi semua persyaratan yang harus di butuhkan.

4. DARI MANA ANDA MENDAPATKAN DANA?

Jika anda ingin memulai usaha skala kecil dan menengah, tentu anda harus memiliki sumber pendanaan yang akan di investasikan sebagai modal awal, jika tidak memiliki cukup pengalaman dalam industri ini anda harus mempertimbahkan untuk memulainya dari usaha kecil dan mintalah teman atau kenalan yang memiliki pengetahuan untuk menjadi partner anda memulai bisnis tersebut.

Ada banyak manfaat dari bisni kemitraan anda dapat mengumpulkan dana lebih dengan cepat, dan juga berbagi penghasilan., jika tidak memiliki cukup uang, mungkin salah satu solusi adalah mengajukan permohonan pijaman untuk bisinis, namun ada cara lain untuk mengumpulkan dana untuk bisnis anda.

Berikut adalah beberapa cara alternatif bagi anda untuk bisa mendapat pendanaan

Gadaikan Properti anda, jika anda memiliki proerti atau barang barang berharga mungkin bisa dijadikan jaminan untu memulai usaha, beberapa perushaan seperti penggadaian menawarkan harga yang baik untuk menukarkannya dengan uang.

Jual barang barang berharga, lihatlah disekeliling dan apakah ada barang barang yang dapat anda jual untuk dimendapatkan uang tunai

Tanyakan teman teman dan kerabat: anda mungkin memiliki teman dan saudara yang kaya, yang tentu tidak akan keberatan untuk berinvestasi dalam bisnis anda, atau meminjamkan anda uang untuk memulai usaha.

Carilah kredit mikro, kredit yang tersedia melalui berbagai sumber, dan baca persyaratan sebelum anda memulai pinjaman

Pendanaan pemerintah / Swasta, anda dapat mengajukan dana hibah dari pemerintah atau mengajukan dana CSR kepada perusahaan swasata yang menawarkan pinjaman atau bahkan mereka yang berinvestasi ke perusahaan anda.

5. BAGAIMANA DENGAN PASAR ?

Keberhasilan pemasaran akan sangat tergantung pada seberapa aktif anda menginformasikan orang orang tentang usaha anda.

Sebagai metode pemasaran anda dapat menggunakan internet, media sosial, forum atau bentuk bentuk lainnya seperti surat kabar, radio lokal, atau menggunakan hasil panen anda sendiri untuk dijual di pasar pasar lokal,

Sayar berharap artike ini dapat membantu anda untuk mengumpulkan sumber daya yang akan anda perlukan untuk memulai bisnis budidaya perikanan.

0 komentar:

Posting Komentar